Targeting

Samsung SDI ESS

 

Ketika anda menjalankan suatu bisnis tertentu, anda pastinya sudah menyasar segmen pasar tertentu untuk produk atau jasa anda. Seperti anda pahami juga bahwa, sumber daya yang anda miliki sangat terbatas. Sehingga anda perlu untuk mengaplikasikan strategi pengalokasian sumber daya tersebut secara efektif. Tujuannya supaya sumber daya anda tadi dapat memberikan hasil yang menguntungkan perusahaan secara nyata.

Disinilah peran utama dari proses targeting ini.  Proses ini akan membantu anda untuk membidik segmen tertentu yang merupakan pasar yang bagus untuk produk atau jasa anda.  Ada beberapa kriteria targeting yang bisa anda pakai untuk maksud ini, yaitu :

  1. Pilihlah segmen pasar yang cukup besar. Anda harus memastikan hal ini karena bila ukuran pasar anda cukup besar, maka semakin besar juga return yang bakal anda dapatkan. Contoh untuk kriteria pertama ini adalah Continental, ban asal Jerman. Continental melihat populasi kendaraan bermotor di Indonesia cukup besar. Meskipun telah memiliki pengalaman cukup lama di pasar Eropa, Continental melakukan penetrasi pasar di Indonesia dengan memilih target “ban pengganti”. Hal ini dilakukan Continental untuk melihat respon pasar sebelum mereka masuk ke target pasar yang jauh lebih besar , yaitu original equipment.
  2. Lakukan pengamatan terhadap potensi pertumbuhan pasar. Anda harus melakukan ini supaya mengetahui segmen pasar mana yang bakalan menjanjikan untuk dimasuki tahun depan dan menghindari segmen pasar yang pertumbuhannya datar atau bahkan cenderung menurun. Misalnya segmen pasar yang pertumbuhannya masih cukup besar sekarang ini adalah “pasar jasa online”.
  3. Strategi targeting yang anda pilih harus sesuai dengan keunggulan kompetitif bisnis anda saat ini. Hal ini perlu, karena untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan segmen pasar yang anda pilih, anda memerlukan kekuatan dan keahlian, kompetensi inti dari bisnis anda. Tanpa semuanya ini, targeting yang anda lakukan hanya akan menjadi sebuah mimpi besar yang tidak bisa diwujudkan. Contoh untuk hal ini adalah pasar mobil LCGC, dimana perusahaan yang ingin terjun di segmen pasar ini harus memiliki kemampuan untuk menekan harga produksi, memberikan produk yang berkualitas dan bagus, dengan mesin yang ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau.
  4. Perhitungkan tingkat persaingan yang ada di segmen pasar yang ingin anda pilih. Jika tingkat persaingan semakin tinggi, tentu semakin anda memerlukan usaha besar untuk merebut konsumen dari pesaing anda. Saran saya carilah “blue sea”, suatu segmen pasar yang cukup menjanjikan dan persaingan di segmen tersebut masih belum terlalu tinggi.

Oke, sekarang anda sudah mengerti apa itu targeting dan rambu-rambu yang harus diikuti dalam melakukan targeting ini. Saya akan berikan satu kasus targeting dari perusahaan Samsung.

————————————————————-

Strategi Targeting Samsung

Setelah Samsung melakukan proses segmentasi, maka berikutnya Samsung akan memilih segmen pasar mana yang akan disasar. Berikut ini merupakan target konsumen Samsung:

  1. Orang muda yang trendi
  2. Para profesional
  3. Para pelaku bisnis besar
  4. Masyarakat umum pengguna telepon seluler
  5. Organisasi pemerintah
  6. Perusahaan
  7. Institusi perguruan tinggi

 

 

 

 

back-icon-symbol-4088993
Back
Advertisements