Marketing Mix

ae62f67905824778389fe1d18333b1cb

Saya ketawa sewaktu pertama kali melihat gambar diatas. Saya tebak sebagian besar dari anda pun demikian. Coba bayangkan seandainya taktik marketing yang dipakai oleh para sales anda seperti ini. Bisa dibayangkan total penghasilan anda di akhir tahun nanti ?

Untungnya dunia marketing itu sangat dinamis. Sudah banyak studi yang dilakukan untuk mengembangkan teknik pemasaran yang ada. Kali ini kita akan belajar taktik marketing yang kedua yaitu Marketing Mix atau Bauran Pemasaran. Marketing mix berbicara tentang penawaran (produk dan harga) dan akses (saluran distribusi dan promosi). Mari sejenak anda tutup mata, dan membayangkan bisnis anda saat ini. Bayangkan produk yang anda sedang tawarkan saat ini ke pelanggan anda, lalu bayangkan harga dari produk itu. Sekarang bayangkan bagaimana cara anda membuat produk anda tersebut bisa dijangkau oleh konsumen. Karena kalau produk anda tidak bisa ditemukan dan dijangkau, lalu bagaimana bisa produk tersebut terjual? Terakhir, bayangkan bagaimana caranya supaya produk anda dikenal oleh konsumen. Apakah anda sudah menangkap pengertian dari Marketing Mix ini. Apakah menurut anda mudah untuk melakukan Marketing Mix ini?

Ingat yang perlu diperhatikan adalah kreatifitas anda dalam menggunakan elemen-elemen taktik pemasaran. Jangan terkecoh dengan pandangan bahwa Marketing hanyalah product, price, place dan promotion saja. Pemikiran yang dangkal seperti ini akan mematikan dan membingungkan anda.

Saya kasih anda contohnya. Saat ini salah satu bisnis yang lagi naik daun adalah bisnis hotel. Jika anda tinggal di daerah Surabaya, dan anda pergi ke jalan raya Jemur Sari, anda akan menjumpai deretan hotel di sepanjang jalan tersebut, mulai dari hotel Orange, hotel Zoom, Hotel D’Season, hotel Ibis, dan beberapa hotel lainnya lagi. Bayangkan satu jalan raya terdiri dari beberapa hotel. Lalu jika anda juga tertarik untuk terjun ke bisnis ini, langkah apa yang harus anda lakukan ? Strategi marketing apa yang harus diambil? Taktik marketing apa yang harus dilakukan ? Kalau berbicara khusus untuk taktik Marketing Mix, bagaimana cara anda meramunya?

Misalnya jasa hotel yang anda tawarkan nanti membidik kelompok quality oriented, atau value oriented atau price oriented. Jasa yang anda tawarkan nanti apa? Economy packet atau family packet atau customize packet atau special occasion packet?  Lalu bagaimana dengan strategi promosi anda? Tentu saja harus disesuaikan dengan budget yang tersedia dan efektifitasnya untuk menjangkau target kelompok customer yang hendak anda bidik kan. Bagaimana dengan lokasinya ? Harus dijalan raya atau menjorok agak ke dalam atau di dalam perumahan seperti D’Season?Jangan lupa juga strategi dan taktik pemasaran dari para pesaing hotel anda. Jadi banyak hal yang harus dipikirkan tentang aspek pemasaran ketika anda harus terjun ke bisnis hotel ini.

Jadi anda sadar sekarang, bahwa marketing itu merupakan suatu strategi yang mendasar yang berkaitan dengan strategi perusahaan. Tidak bisa disederhanakan begitu saja dengan menyomot salah satu elemen dari pemasaran yang ada.

back-icon-symbol-4088993
Back

 

 

 

 

Advertisements