Kebutuhan Sumber Daya

14734456-3d-business-earth-with-bar-chart-and-gold-arrow-isolated-white-background-3d-image-Stock-Photo

Sumber daya di perusahaan dapat dikelompokkan menjadi :

  • Keuangan : termasuk ke dalam kategori ini uang, saham dan aset likuid lainnya.
  • Aset fikik : termasuk ke dalam kategori ini adalah harta berwujud seperti kantor, peralatan, perlengkapan, bangunan pabrik dan semacamnya
  • Sumber daya manusia : termasuk ke dalam kategori ini adalah pengetahuan, pelatihan, pengalaman, pegawai dan pemilik perusahaan.
  • Teknologi : termasuk ke dalam kategori ini adalah produk perangkat lunak yang unik, arsitektur sistem informasi dan semacamnya.
  • Reputasi : meliputi persepsi dari orang-orang yang berkaitan dengan lingkungan bisnis.
  • Organisasional : meliputi struktur bisnis, rutinitas dan sistemnya.

Berbagai jenis sumber daya ini diperlukan untuk mengeksploitasi kesempatan bisnis dan untuk mengirimkan produk atau jasa kepada pelanggan. Sumber daya yang diperlukan ini akan tergantung kepada sifat, jenis dan ukuran bisnis anda.  Menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan sangat penting supaya bisnis anda dapat beroperasi secara efektif.

Namun akses ke sumber daya bisa sangat sulit, terutama di awal-awal berdirinya sebuah bisnis. Karena keterbatasan sumber daya ini dapat sangat mempengaruhi sifat bisnis anda nantinya, maka dalam tahap awal perencanaan bisnis anda, perlu dipertimbangkan berbagai sumber daya utama seperti modal usaha, pengetahuan, ruang kerja, dan peralatan maupun perlengkapan yang dibutuhkan. Bagaimanapun seringkali terjadi bahwa bisnis yang baru berdiri memiliki sumber daya yang memang sangat terbatas. Untuk mengatasi hal ini, para pelaku bisnis dapat melakukan improvisasi khusus seperti memakai rumah sendiri sebagai kantor utama, atau pun menyewa kendaraan dari pihak lain untuk proses pengiriman barang. Nanti setelah bisnis mulai bertumbuh dan berkembang, maka peluang untuk menambah sumber daya akan terbuka lebar.

back-icon-symbol-4088993
Back
Advertisements