Mengukir Namamu Di Hati Si Doi

Mendengarkan suara  Celine Dion menyanyikan lagu “I surrender” membuat pikiranku melayang teringat masa lalu, masa dimana aku pernah melontarkan janji-janji  spesial ke seseorang yang sampai saat ini masih melekat dihatiku. Janji-janji tentang masa depan, rencana-rencana manis dan indah, perlindungan, kebersamaan, momen-momen istimewa. Pendeknya tentang kebersamaan menjalani hidup ini dan saling support satu sama lain. Aku juga masih teringat tatapan matanya, senyumnya dan raut wajahnya yang dengan jelas menyiratkan bagaimana hatinya telah tersentuh dengan semua itu. Tentu kalian semua pernahkan memiliki pengalaman seperti ini. Pengalaman yang takkan pernah bisa kamu lupakan seumur hidupmu. Hari dimana kamu dalam sejarah hidupnya telah berhasil masuk dan meraih hatinya. Hari dimana dirimu berhasil mengukir namamu dihatinya. Suatu prestasi indah hasil perjuangan dan dedikasimu. Sudah pasti kamu juga sudah bersimbah peluh dan keringat dan usaha untuk mencapai semua itu.

Sebenarnya pengalaman serupa juga terjadi ketika kamu ingin membangun dan mengembangkan bisnismu. Apapun tipe dan jenis produk yang kamu jual, merebut hati si doi (pelanggan) dan kemudian mengukirkan namamu di dalam hatinya, itulah tugas utamamu yang harus berhasil kamu lakukan jika ingin bisnismu terus langgeng dan bertumbuh semakin besar. Disiang hari ini, dari Surabaya Town Square, sambil menikmati lantunan lagu Celine Dion dan secangkir teh manis hangat, dan sambil menunggu sajian makan siang, aku sajikan artikel akhir pekan ini khusus untuk kalian, teman dan sahabatku.

Yuk, kita bicara tentang mobil Honda. Yes, aku tahu kalian punya merk mobil favorit masing-masing, tapi untuk kali ini mari sama-sama fokus pada merek ini dan belajar dari mereka.

Jika kamu membeli mobil Honda, maka ini yang akan kamu dapatkan

1. Percaya diri yang sangat tinggi dari para sales Honda. Tidak ada satupun terlontar dari mulut mereka saat menawarkan produknya untuk menawarkan “test drive”. Bahkan jangan heran jika kamu ingin melakukan test drive, ada sales yang malah bilang bahwa Honda tidak pernah ada test drive karena mobilnya dijamin mutunya bagus. Lho, jaminan mutu sama kecocokan kita dengan si mobil kan belum tentu klop. Makanya mesti ada test drive. Begitukan pikiran kebanyakan orang.  Nah, pedenya para sales ini bahkan sudah sampai pada tahap meyakinkan calon pembeli bahwa “kamu pasti cocok deh sama mobil honda, sehingga kamu tidak perlu test drive lagi. Tinggal pilih aja tipe mobil apa yang kamu mau.”

2. Pelayanan road assistance 24 jam untuk semua mobil Honda.

Dulu layanan ini hanya diberikan untuk mobil Honda kelas atas seperti Accord dan Odyssey. Tapi sekarang semua tipe mobil Honda bisa mendapatkan fasilitasi ini. Dengan fasilitas ini, ketika kamu mendapatkan masalah dijalan berkaitan dengan kinerja mobilmu baik mogok, dan semacamnya , maka tinggal menghubungi nomor tertentu lewat smartphonemu dan dalam hitungan jam, bantuan teknis baik berupa mobil derek ataupun teknisi akan datang menjemput dan menangani mobil kesayanganmu ini. Seakan akan kamu punya pelayan teknisi pribadi yang bisa dipanggil sewaktu-waktu. Sementara layanan ini hanya tersedia di daerah Jawa dan Bali.

3. Customer Service “MANUSIA”

Saat kamu datang berkunjung ke Dealer Honda untuk servis, maka kamu akan dijumpai oleh security yang simpatik, customer service yang ramah, yang menjawab pertanyaanmu dengan sopan dan ramah. Bahkan kamu akan diberikan tawaran tambahan seperti cuci mobil beserta waktu menunggunya. Hal ini menarik karena di Toyota service centre auto 2000, dan di bengkel lainnya seperti Suzuki, fasilitas cuci mobil gratis ini memang bukan hal baru. Tapi cara mereka menawarkan dan berinteraksi kepada customer menurutku lebih terlihat “hidup” dan bukan kayak robot yang diprogram. Sering pergi ke Alfamart dan Indomaret, pasti sudah sering disodori kalimat “Ada yang lain pak. Mau nambah pulsanya mungkin. Ada barang xxx lagi promo dll.” Bagiku kalimat itu kayak keluar dari robot yang dihasilkan dari program yang harus dihafalkan oleh para kasir toko tersebut. Kamu mengertikan maksudku ini?

Oke, mari kita merenungkan beberapa strategi Honda diatas. Untuk apakah mereka melakukan semua itu? Kenapa mereka harus bersusah-susah payah membuat program seperti tersebut. Dan bukan hanya mereka saja yang melakukannya tapi juga Toyota, Nissan dan pesaing-pesaingnya yang lain. Jawabannya cuma satu yaitu mereka saling berlomba ingin merebut hati pelanggan dan menancapkan diri ke benak dan pikiran para pelanggannya. Dengan tujuan mendapatkan loyalitas, fanatisme dari sebanyak mungkin orang yang bisa membuat para sales menjadi bangga dengan produk yang mereka jual.

Aku baru-baru ini dikejutkan oleh layanan interactive salah satu jasa penyedia pembuatan website melalui whatsapp. Layanannya responsif, tepat dalam menjawab pertanyaan kita sehingga kemudian membuat kita yakin bahwa mereka adalah orang yang tepat untuk mengurusi web yang mau kita bangun. Coba berapa banyak jasa layanan web seperti ini di luar sana. Lihat pasar marketnya, dan lihat daya persaingannya. Lihat banyak yang hanya membuat model display bagus, tapi unsur usaha untuk menaklukkan hati si doi ini sangat jarang dilakukan. Padahal sama seperti pedekate dengan seseorang, kita juga berusaha sebaik mungkin untuk menyenangkan hati si pujaan kan dengan harapan si doi akan melirik kita dan menjatuhkan pilihannya ke kita. Jadi saat kamu membuka bisnis dan ingin mengembangkan pasarmu dan menarik para pelanggan baru, jangan lupa untuk selalu berusaha memikirikan cara bagaimana untuk menancapkan dirimu di hati si doi-calon pelangganmu. Dan awal dari semua itu adalah melakukan upaya untuk menyenangkan hatinya.

Dan ingat, yang berinteraksi dengan calon calon doimu nanti adalah karyawanmu, jadi senangkan dulu hati mereka, belajar untuk membuat mereka menyukaimu, jika engkau sukses, maka mereka juga akan sukses untuk membantumu dalam merebut hati si doi. Strategimu untuk meraih keberhasilan juga semakin besar karena kamu sudah praktek dengan para karyawanmu terlebih dahulu. So, kunci untuk mengembangkan bisnismu agar semakin besar dan bertumbuh besar dan terus langgeng sampai ke anak, cucu, cicit bahkan generasi yang ke tujuh adalah terletak pada strategimu untuk menaklukkan hati si doi. Caranya gimana? Gak usah bingung. Gak usah kerutkan dahi. Ingat saja pengalamanmu dimasa lalu saat engkau berhasil menaklukkan hati si doi pujaanmu. Copy strategimu waktu itu, lalu paste ke bisnismu dan gandakan dirimu ke ratusan karyawanmu supaya mereka juga rela hati untuk copy dan paste dan hasilnya itu nanti akan semakin besar.

Advertisements